Mata Merah – Perdarahan Subkonjungtiva (subconjuctival hemorrhage)

Posted: January 5, 2012 in Being Mommy
Tags: , , ,

Sekitar dua bulan lalu mata ray bercak merah pada bagian putih mata, merah banget seperti darah.  Karena si ayah pernah kaya gitu juga jadi ga gitu kuatir.  Dalam tiga-empat hari bercak merahnya mule pudar dan hilang.

Ini sebagian artikel hasil browsingan masalah perdarahan subkonjungtiva (subconjuctival hemorrhage) dari berbagai sumber :

perdarahan subkonjungtiva (subconjuctival hemorrhage).

Konjungtiva adalah selaput tipis transparan yang melapisi bagian putih dari bola mata (sklera) dan bagian dalam kelopak mata.  Konjungtiva merupakan lapisan pelindung terluar dari bola mata.

Konjungtiva mengandung serabut saraf dan sejumlah besar pembuluh darah yang halus. Pembuluh-pembuluh darah ini umumnya tidak terlihat secara kasat mata kecuali bila mata mengalami peradangan.  Pembuluh-pembuluh darah di konjungtiva cukup rapuh dan dindingnya mudah pecah sehingga mengakibatkan terjadinya perdarahan subkonjungtiva. Perdarahan subkonjungtiva tampak berupa bercak berwarna merah terang di sklera.

Sebagian besar perdarahan subkonjungtiva terjadi secara spontan tanpa penyebab yang jelas. Biasanya seseorang menyadari adanya perdarahan subkonjungtiva pada saat bangun tidur dan menatap matanya di cermin.

Kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan perdarahan subkonjungtiva adalah: bersin, batuk, mengedan/muntah, mengucek-ucek mata, cedera, tekanan darah tinggi, kelainan darah, atau kondisi medis yang menyebabkan perdarahan atau gangguan pembekuan darah.

Perdarahan subkonjungtiva umumnya tidak memerlukan pengobatan. Tetes air mata buatan (dapat diperoleh bebas di apotek) boleh diteteskan ke mata bila terdapat iritasi ringan.

Leave a comment