Pandan Bali

Posted: December 22, 2011 in Tanaman

Sekitar 2 tahun lalu membeli 3 pohon pandan bali tinggi skitar 1 meter.  Salah satu mati karena akarnya busuk, 1 pohon ditanam di dalam pot, yang lain di halaman.  Pandan bali yang di halaman saya potong ujungnya supaya bercabang, sempat kuatir juga karena ujung pohon mulai busuk, sekitar sebulan baru muncul tunas.  Ada 6 tunas tapi yang 2 saya potong karena letaknya berdesakan.  Pertengahan Agustus, 1 cabang saya potong kemudian ditanam dalam pot.  Kemudian bulan November 1 cabang lagi saya potong untuk ditanam.  Jadi tinggal 2 cabang di pohon induk, setelah tinggal 2 cabang pertumbuhan cabang tersebut kelihatan cepat tinggi dan batang juga makin besar.

Awal desember pohon pandan bali dalam pot yang tingginya sudah 2 meter lebih saya potong batangnya sekitar 1 meter.  lalu saya potong menjadi 3 bagian dan ditanam dalam pot.  Baru kemarin saya liat batang hasil setek tersebut mulai keluar tunas.  Tapi pohon induk mati, munggin karena saya lupa menaruhnya dalam naungan, karena bulan desember ini hujan sering turun.  Curah hujan yang tinggi dan cenderung asam mungkin jadi penyebab batang induk busuk, nyesel banget sebenernya.  Sejak punya bayi, saya hanya punya waktu sedikit untuk memelihara tanaman.  sedang letak tanaman ada yang di balkon, halaman belakang, halaman depan, samping rumah, jadi tiap ada waktu senggang cuma beberapa yang saya tengok.  Tapi saya menghibur diri karena setek pandan balinya berhasil, masih butuh waktu lama untuk bisa tinggi seperti induknya.

Update Desember 2010

Anakan yang aku tanam belum sempet di uplod neh, banyak banget anaknnya sampe toko yang jual pot kecil keabisan potnya jadi banyak anakan yang aku tanam di tanah dengan jarak tanam berdekatan karena sekarang di halaman belakang ga ada tanah sisa, ditutup rumput gajah mini semua.

Leave a Reply

